Rabu, 24 April 2013

Pendahuluan Resistor


1.PENDAHULUAN

1.1            Latar Belakang
Kemajuan teknologi sudah menyentuh di segala sisi kehidupan masyarakat. Orang akan selalu berusaha mendapatkan hal-hal yang bersifat serba praktis, hemat, efisien, dan berdaya guna tinggi. Segala macam permasalahan pada masa lalu yang rasanya tidak mungkin terjadi, untuk saat sekarang mungkin saja terjadi.Seiring dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan.
Resistor adalah komponen elektronik dua kutub yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir, berdasarkan. resistor digunakan sebagai bagian dari jejaring elektronik dan sirkuit elektronik, dan merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan. Resistor dapat dibuat dari bermacam-macam kompon dan film, bahkan kawat resistansi (kawat yang dibuat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel-kromium). Karakteristik utama dari resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang dapat dihantarkan. Karakteristik lain termasuk koefisien suhu, desah listrik, dan induktansi. Resistor dapat diintegrasikan kedalam sirkuit hibrida dan papan sirkuit cetak, bahkan sirkuit terpadu. Ukuran dan letak kaki bergantung pada desain sirkuit, kebutuhan daya resistor harus cukup dan disesuaikan dengan kebutuhan arus rangkaian agar tidak terbakar. Fungsi dan kegunaan resistor pada rangkaian adalah
·         Sebagai pembagi arus dan pembagi tegangan
·         Sebagai penurun tegangan
·           Sebagai penghambat arus listrik.
Untuk menyatakan resistansi dan sebaliknya disertakan batas kemampuan dayanya. Berbagai resistor dibuat dari berbagai bahan-bahan yang berbeda dan sifat-sifat yang berbeda. Spesifik yang lain yang harus diperhatikan dalam memilih resistor pada suatu rancangan selain besar resentasinya adalah besar watt-nya karena resistor bekerja dialirin arus listrik maka akan terjadi disipasi daya berupa panas sebesar W=I2R watt. Semakin besar ukuran fisik suatu resistor bisa menunjukan semakin besar kemampuan daya resistor tersebut.


1
Tentunya kemajuan dari teknologi tidak lepas pada penerapan hukum-hukum fisika yang digunakan dan  komponen elektronika.Hukum Ohm adalah suatu arus listrik yang mengalir melalui sebuah penghantar selalu berbanding lurus dengan beda potensial yang diterapkan kepadanya.Sebuah benda penghantar dikatakan mematuhi hukum ohm
apabila nilai resistansinya tidak bergantung terhadap besar dan polaritas beda potensial yang dikenakan kepadanya.Secara matematis hokum ohm di ekspresikan dengan persamaan:

V = IR  
Dimana :
·         V adalah tegangan listrik yang terdapat pada kedua ujung penghantar dalam satuan Volt.
·         I adalah arus listrik yang mengalir dalam suatu penghantar dalam satuan Ampere.
·         R adalah nilai hambatan listrik (resistansi) yang terdapat pada suatu penghantar dalam satuan Ohm.
        Hukum kirchoff adalah jumlah arus yang menuju titik percabangan dengan arus yang meninggalkan dari titik percabangan.
       Komponen elektronika terbagi menjadi 2 yaitu komponen aktif dan pasif.komponen aktif adalah komponen yang dapat mengakibatkan kenaikan daya listrik didalam rangkaian dan mempunyai penguatan atau mengarahkan aliran arus lisrik.komponen pasif adalah komponen yang tidak dapat mengakibatkan kenaikan daya listrik didalam rangkaian.
Hal inilah yang menjadi dasar ketertarikan penulis membuat sebuah aplikasi untuk mengidentifikasi dan prinsip-prinsip kerja Handy Talky serta menghitung resistor menggunakan VB.NET.



2
1.2            Batasan Masalah
       Batasan masalah penulisan ini dalam mengidentifikasi membuat aplikasi menghitung resistor menggunakan Vb.Net dimana form-formnya yang akan dibuat hanya diterapakan atau digunakan serta manfaatnya dalam kehidupan masyarakat

1.3            Tujuan Penulisan
        Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah membuat suatu aplikasi menghitung resistor yang nantinya dapat dipergunakan dengan praktis dan efisisen diharapkan nantinya teman teman mahasiswa dapat mengembangkan pada perangkat maupun pada bidang lainya pada teknologi tersebut.

1.4            Metode penulisan
          Untuk menyusun penulisan ilmiah ini penulis menggunakan metode:
·         Mengumpulkan informasi dari rekan-rekan kerja dan terjun langsung serta search goegle
·         Study Pustaka dengan mengumpulkan informasi dengan sarana media buku.

1.5            Sistematika Penulisan

Bab I     PENDAHULUAN
            Menguraikan latar belakang,batasan masalah,tujuan penulisan,metode penulisan serta sistematika penulisan.
Bab II   LANDASAN TEORI
            Dalam penulisan ini di bahas mengenai teori-teori elektronika,software maupun hardware.
Bab III  RANCANGAN APLIKASI RESISTOR
            Berisikan proses pembuatan aplikasi menghitung resistor
Bab IV  PENUTUP
            Berisikan mengenai kesimpulan dan saran dari permasalahan yang ada.







3

0 komentar:

Posting Komentar